Sunday, December 23, 2012

Fitur Browser Bawaan Nokia N900

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada para pembaca yang telah berkenan untuk mampir di blog sederhana ini. Pada pertemuan ketiga ini, saya akan membahas tentang browser pada Nokia N900. Disini saya akan membahasnya secara detail sehingga dapat dipahami para pembaca sekalian. Tujuan dibuatnya artikel ini, agar para pembaca yang masih bingung dengan fitur-fitur yang ada pada browser N900, bisa lebih paham lagi, dan dapat menggunakan fitur yang disediakan secara maksimal. Sebelum saya terangkan satu per satu dari fungsi fitur yang disediakan, pertama kita masuk dulu ke aplikasinya. Jika anda telah membuka aplikasi Web, tampilan utamanya akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Pada halaman ini, anda bisa menulis langsung alamat web yang ingin anda kunjungi pada kolom bawah yang telah disediakan. Disebelah kanan kolom, ada tanda panah kebawah.Tombol tersebut berfungsi untuk menampilkan daftar link yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Jadi akan mempermudah anda dalam melakukan pencarian link yang sudah lama.

Tombol tersebut berfungsi untuk menampilkan daftar link yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Jadi akan mempermudah anda dalam melakukan pencarian link yang sudah lama. Tampilannya akan nampak seperti berikut ini,

Sedangkan toolbar paling atas, berguna untuk menanmpilkan yang di gunakan untuk mengatur bookmark, seperti import bookmark, open file, move, dan delete.
Selanjutnya, jika anda sudah masuk di browser, anda akan meilhat tampilanya sebagai berikut,
Sebagai contoh saya membuka Google yang telah disediakan di Bookmark.
Pada gambar diatas, anda akan menemukan 5 tombol virtual yang sudah saya tandai seperti gambar diatas.
  1. Berguna untuk kembali ke halaman sebelumnya, jika anda menekan dan menahannya, akan muncul tampilan beberapa halaman, jadi anda bisa kembali kehalaman sebelumnya dengan lebih cepat.
  2. Disini ada 2 fungsi, pertama berfungsi untuk mem-bookmark halaman dan menambahkannya dalam daftar bookmark yang telah tersimpan. Anda pun bisa membuat shortcut halaman web, pada desktop. Lebih detailnya anda bisa melihatnya disamping.
  3. Berguna sebagai tombol pintas untuk menuju ke koleksi Bookmark anda.
  4. Berguna untuk membuat tampilan menjadi fullscreen, seperti gambar berikut ini. Untuk kembali ke tampilan semula, anda bisa menekan tombol yang berada di pojok kanan bawah.
  5. Berguna menampilkan menu pengaturan, beberapa fitur, dan perintah. Seperti gambar berikut ini,




  • New Window : membuka jendela baru 
  • Copy : mengkopi halaman tersebut, yang kemudian akan di paste ke halaman lainnya. 
  • Save page as : menimpan halaman, dalam bentu berkas.
  • Details : untuk menampilkan informasi halaman yang sedang dibuka. 
  • Reload : untuk menyegarkan halaman. 
  • Find on page : fungsi ini hampir sama dengan fungsi tombol (Ctrl + F) yaitu berguna untuk mencari kata-kata yang terdapat pada halaman web.
  • Downloads : untuk menampilkan daftar unduhan.
  • Options : untuk menampilkan pengaturan-pengaturan yang telah disediakan oleh Nokia seperti Adjust view, Add-ons, Settings, dan Clear private data.

    Oke, sekarang saya akan menjelaskan tentang beberapa fitur yang ada di menu Options.
    1. Adjust view : untuk mengatur tampilan. Lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar berikut ini,
    2. Add-ons : untuk mengatur aplikasi yang bisa tersinkronisasi dengan browser bawaan.
    3. Settings : mengatur tampilan sama seperti Adjust view, namun lebih detail lagi.
    4. Clear private data : untuk menghapus data-data yang berisfat rahasia, biasanya seperti email dan password untuk login.
    Oh iya, ada satu lagi fitur yang belum saya sampaikan, yaitu memunculkan pointer. Dengan adanya pointer, anda bisa mengontrolnya menggunakan keyboard. Jadi anda tidak akan kesusahan dalam menjangkau link yang susah dijangkau. Untuk memunculkannya, sapu layar pada bagian yang ditunjuk panah merah.
    Selanjutnya utnuk memunculkan pointernya, tekan saja tombol yang muncul tadi. Maka akan tampak seperti berikut,

    Sekian yang dapat saya bagikan, semoga apa yang bagikan bisa bermanfaat bagi para pembaca. Sesungguhnya sebuah ilmu tidak akan bermanfaat, kalau hanya kita gunakan sendiri. Dan sebuah ilmu akan bermanfaat jika kita membagikannya.

    Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikan dengan menyertakan link URL berikut :
    http://www.kukuh7.com/2012/12/fitur-browser-bawaan-nokia-n900.html

    Kukuh7

    Author & Editor

    Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

    0 komentar:

    Post a Comment