Thursday, December 20, 2012

Ulasan Singkat Tentang Nokia N900

Di awal artikel saya yang pertama ini, saya akan berbicara singkat tentang apa itu Nokia N900. Karena mungkin sebagian orang belum mengerti apa itu Nokia N900. Nokia N900 atau Rover dalam nama latinnya, merupakan ponsel keluaran Nokia yang mengusung Sistem Operasi Maemo5.
Maemo sendiri merupakan sistem operasi terbuka atau Open Source untuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem Linux. N900 merupakan ponsel yang menggunakan sistem operasi Maemo tertinggi dari versi-versi yang ada. Banyak fitur-fitur yang telah disempurnakan dari versi sebelumnya. Secara fisik, N900 menyediakan 2 input, yaitu layar sentuh atau Touchscreen dan keyboard Qwerty. Kedua input tersebut saling bersinkronisasi dan saling melengkapi satu sama lain. Saat anda menggunakan layar sentuh, anda akan dibekali dengan Stylus yang ringan, kuat, dan pastinya nyaman untuk digunakan karena pada ujung stylus telah dilapisi oleh lapisan lilin sehingga akan tampak licin juga digoreskan ke layar. Dengan adanya lapisan lilin tersebut, akan membantu meminimalisir terjadinya goresan pada layar. Tak cukup disitu saja, dengan adanya stylus tersebut, anda akan mampu menjangkau tombol virtual yang sangat kecil yang tidak terjangkau oleh jari kita.
Dalam bertukar data, anda bisa menggunakan Bluetooth atau Infrared. Sehingga anda akan memiliki jangkauan yang luas untuk bertukar data dengan pengguna ponsel lain. Sehingga anda bisa bertukar data dengan ponsel jadul sekalipun.
Nokia N900 mengusung tampilan sliding samping yang pastinya akan membuat anda lebih nyaman ketika browsing, bermain game, mengedit dokumen, dan sebagainya. Namun banyak kabar yang beredar bahwa ponsel yang menggunakan sliding samping gampang rusak kabel fleksibelnya. Sehingga penginputan data dari keyboard ke layar akan terputus dan jalan satu-satunya anda harus mengganti kabel fleksibel tersebut. Namun di Nokia N900 ini kabel fleksibelnya tidak akan mudah rusak bahkan lebih awet dari ponsel lainnya. Mungkin karena ketika layar digeser, jarak yang terbuat antara keyboard dengan layar tidak terlalu lebar. Sehingga fleksibel tidak banyak bergeser yang akan membuat umur fleksibel jauh lebih panjang daripada ponsel lain.
Nokia N900 memiliki antarmuka yang sangat menarik. Pada desktop anda akan dibekali 4 homescreen yang dapat anda customisasi sendiri dengan memasang beberapa widget yang diperlukan. Di bagian pojok kiri atas, anda akan menemukan tombol virtual yang berfungsi untuk berpindah dari desktop ke menu. Di sebelah kanan tombol virtual tadi, terdapat bar yang memberikan beberapa informasi penting untuk anda seperti informasi baterai, update yang tersedia, profil, koneksi internet, jam dan alarm, koneksi USB, Bluetooth dan beberapa informasi yang bisa anda tambahkan secara manual melalui Applications Manager. Ketika berpindah dari desktop ke menu, mungkin banyak orang yang masih kebingungan mencari-cari letak tombol untuk kembali ke desktop. Sebenarnya itu tidak perlu, soalnya untuk kembali ke desktop anda tinggal menyentuh halaman yang kosong dan anda akan kembali masuk ke desktop. Tapi jika ada aplikasi yang terbuka, sebelum anda masuk ke desktop, anda akan masuk ke task manager terlebih dahulu sebelum kembali ke desktop.
Ketika masuk ke menu anda akan  menjumpai aplikasi-aplikasi ynag mungkin sudah umum dan anda temukan di ponsel-ponsel lain yang menggunakan sistem operasi terbuka , seperti Web, Media Player, Photos, Contacts, Maps, Camera, E-Mail, Conversations, Clock, Calculator, Notes, Settings dan sabeagainya. Namun anda akan menjumpai satu aplikasi yang belum pernah anda temukan di ponsel lain, yaitu X-Terminal. X-Terminal memiliki fungsi yang penting untuk N900. Beberapa fungsinya antara lain yaitu digunakan untuk memperbarui sistem, mengatasi masalah yang terjadi, menginstal aplikasi, dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan menggunakan X-Terminal. Sekian yang dapat saya bagikan, untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel-artikel saya selanjutnya. Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan membaca di blog saya.

Terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2012/12/ulasan-singkat-tentang-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment