Tuesday, January 29, 2013

Fungsi Aplikasi Sketch di Nokia N900

Sekarang menggambar di ponsel sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak Smartphone yang beredar yang memiliki fungsi untuk menggambar. Contohnya seperti Samsung Galaxy Note, dan sebagainya. Namun siapa sangka, kalau Nokia N900 ponsel keluaran lama sudah di bekali dengan aplikasi menggambar. Aplikasi tersebut adalah Sketch, dengan aplikasi ini anda bisa menggambar menggunakan stylus maupun jari anda. Aplikasi ini memang simple, tidak selengkap Smartphone sekarang, namun sudah bisa melengkapi apa yang anda butuhkan.
 Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai fungsi dari aplikasi Sketch. Pada aplikasi ini anda bisa menggambar sketsa-sketsa simple, yang bisa berguna untuk menghibur anda. Berikut ini adalah penampakan dari aplikasi Sketch.
Di bar atas ada tombol pilihan, sedangkan di bagian bawah ada beberapa toolbar yang berguna untuk melakukan kustomisasi. Pertama saya akan menjelaskan menu pilihan yang ada di bar atas. Gambarnya seperti berikut ini.
Sesuai gambar di atas, ada 5 menu pilihan yaitu New, Canvas size, Details, Open, dan Crop.

  • New : berguna untuk membuat sketsa baru
  • Canvas size : untuk mengaturan ukuran kanvas
  • Deatails : berfungsi untuk melihat informasi dari sketsa yang di buat.
  • Open : untuk membuka sketsa yang sudah tersimpan di File Manager.
  • Crop : untuk melakukan pemotongan sketsa sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
Setelah mengtahui fungsi dari menu-menu diatas, sekarang mari kita bahas toolbar yang ada di bagian bawah. Disini telah berjajar 8 tombol yang memiliki fusngi masing-masing. Saya akan menjelaskannya satu per satu mulai dari kiri ke kanan.
Pertama yaitu tombol dengan ikon kuas atau pena, fungsinya pasti untuk menggambar sketsa.
Kedua adalah tombol dengan ikon garis lurus, fungsinya untuk membuat garis lurus. Seperti contoh dibawah ini.
Yang ketiga adalah tombol dengan ikon bujur sangkar atau persegi yang fungsinya untuk membuat persegi pula. Seperti berikut ini.
Keempat yaitu tombol berikon lingkaran, yang bisa digunakan untuk membuat lingkaran pastinya.
Tombol ke lima ini memiliki fungsi yang sangat penting, anda sudah bisa mengetahui fungsi dari tombol ini melalui ikon yang ditampilan. Ya, tombol ini berguna untuk menghapus sketsa yang di anggap kurang sesuai dengan pemikiran anda.
Pada tombol keenam ini, mungkin anda sedikit bingung untuk apa tombol ini. Namun setelah anda menyentuhnya, anda akan tahu fungsi dari tombol tersebut. Yupz, tombol ini berguna untuk mengatur ketebalan dari pena maupun pengapus yang anda gunakan. Disini ada 4 pilihan ketebalan, yaitu Fine, Thin, Medium dan Thick.
Berikutnya adalah tombol dengan ikon kotak berwarna hitam. Berguna untuk mengubah warna dari pena. Disini anda bisa menyesuaikan warnanya sesuai dengan keinginan anda.
Yang terakhir sekaligus tombol ke delapan, yaitu tombol Undo sekaligus Redo. Dengan adanya tombol ini anda bisa mengembalikan sketsa ke sebelumnya maupun sebaliknya.
Undo


Redo

Sekian dulu yang bisa saya bahas pada artikel ini, nantikan artikel-artikel selanjutnya dari Kukuh7.com. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/fungsi-aplikasi-sketch-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment