Wednesday, January 16, 2013

Keunggulan File Manager Nokia N900

Apa kabar sobat Nokia N900 Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fungsi dan keunggulan dari "File Manager" di Nokia N900. Pasti anda sudah tahu fungsi dari File Manager, yaitu untuk mengatur semua file yang terdapat di ponsel anda. Tidak hanya itu saja, anda bisa mengedit, mengkopi, menghapus file-file tersebut. Seperti inilah tampilan dari File Manager Nokia N900.

 Sekarang coba klik tombol menu yang ada di bagian atas, maka akan muncul menu seperti di bawah ini,
Menu ini hanya akan muncul jika anda berada di halaman utama dari File Manager. Sekarang kita masuk ke bagian folder-folder, seperti berikut ini,
Sekarang anda sentuh lagi tombol menu yang ada di atas, maka akan muncul tampilan yang berbeda dari yang diatas.
Disini ada 7 fitur, yaitu "New folder" yang bisa anda gunakan untuk membuat folder baru, dimana anda bisa menyimpan file di dalam folder tadi. Ada juga fitur "Copy" yang pastinya digunakan untuk mengkopi file, "Move" untuk memindah file, "Delete" untuk emnghapus file. Selanjutnya ada menu "Share" yang berguna bagi anda apa bila ingin membagikan file yang ada di File Manager. Anda bisa membagikan file via Bluetooth, E-mail, atau pun via Service.
Berikutnya adalah menu "Sort" yaitu berguna untuk mensortir file-file agar terlihat rapi. Disini ada 5 pilihan untuk mensortir, yaitu dari urut abjad dari A-Z, urut abjad dari Z-A, sortir sesuai tanggal paling baru, sortir sesuai tanggal paling lama dan pensortiran sesuai ukuran file.
Dan yang terakhir adalah menu "Memory usage", yang bisa anda gunakan untuk melihat informasi dari memori yang ada di N900 anda. Informasi yang di tampilkan meliputi ukuran memori, memori yang terpakai dan memori yang masih tersisa atau belum digunakan. Anda pun juga bisa mengecek jumlah memori yang terpakai secara mendetail, sehingga anda bisa mengetahui apakah memori bekerja dengan normal atau tidak.

Sekarang coba sentuh dan tahan salah satu file yang ada di File Manager N900 anda, maka akan muncul sebuah deretan menu. Ada beberapa menu yang sama, seperti Copy, Move, Delete, dan sebagainya. Ada satu fitur yang belum anda temukan, yaitu menu "Detail" yang fungsinya untuk menampilkan informasi dari sebuah file, seperti contoh gambar dibawah ini.
Ini yang cukup menarik, ada sebuah fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh File Manager di ponsel lain. Fitur tersebut yaitu pengubah format file. Dengan File Manager N900 anda bisa mengubah ekstensi file hanya dengan rename nama dari file tersebut, sekaligus mengubah ekstensinya. Seperti contoh dibawah ini, yang dalam kotak warna jingga adalah ekstensinya.
Sekian dulu yang bisa saya sampaikan dan bagikan. Harapan saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca setia Kukuh7.com
Terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/keunggulan-file-manager-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

2 komentar:

  1. Nokia N900 saya mengalami masalah di vga/screen, seperti ada cairan tinta. hal ini terjadi justru setelah dibawa ke nokia care. dan pihak nokia care sdh mengatakan bahwa utk nokia n900 ini sudah tidak ada sparepartnya lagi teknisinya pun sudah tidak ada. walaaahhh....padahal saya sangat berharap N900 saya masih bisa digunakan. Apakah ada yang tahu dimana tempat untuk memperbaiki Nokia N900....please info....

    ReplyDelete