Tuesday, January 15, 2013

Aplikasi PDF Reader di Nokia N900

Apa kabar sobat NNI (Nokia N900 Indonesia), semoga sobat tidak bosan dengan artikel yang saya bagikan. Sekarang saya mau berbagi aplikasi bawaan Nokia N900 yang cukup bagus untuk di bahas. Aplikasi ini adalah PDF Reader. Pernahkah anda mendengar kata-kata PDF adalah kepanjagan dari Portable Document Format, yaitu format dari sebuah berkas yang di buat oleh perusahaan ternama Adobe. Namun saya tidak akan menjelaskan apa itu PDF disini. Selebihnya anda bisa mencarinya sendiri di Google.
Sekarang kita balik lagi ke topik utama, yaitu fungsi dari aplikasi PDF Reader di Nokia N900. Sebelum saya jelaskan, anda bisa lihat dulu tampilannya di bawah ini.
Sesuai gambar diatas, di bagian bawah dari aplikasi PDF reader ini, ada beberapa tombol yang berguna untuk mengatur dokumen DPF tersebut. Tapi berhubung aplikasi ini hanya sebagai reader yaitu hanya untuk membaca PDF bukan mengedit, membuat baru, dan sebagainya.
Saya akan menjelaskan  dari kiri ke kanan. Dari tombol paling kiri, fungsinya untuk menuju ke halaman awal atau halaman 1, disebelahnya ada tombol yang untuk beralih dari ke halaman sebelumnya. Selanjutnya adalah tombol yang digunakan untuk beralih ke halaman selanjutnya. Berikutnya adalah tombol yang digunakan untuk menuju ke halaman terakhirdari dokumen PDF tersebut. Selanjutnya ada tombol dengan gambar minus, yan digunakan untuk melakukan Zoom out. Batas dari Zoom out adalah 50 %.
Sedangkan tombol dengan gambar plus berguna untuk melakukan Zoom in. Untuk melakukan Zoom in, anda hanya bisa melakukannya sebesar 400 %.
Terakhir adalah tombol yang digunakan untuk menampilkan dokumen PDF secara penuh pada layar. Seperti gambar dibawah ini.
Di bagian atas dari aplikasi ini pasti ada tombol "Options", dan ketika anda sentuh, akan tampak seperti di bawah ini.
Di atas ada 4 tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Pertama adalah tombol "Open", fungsinya untuk membuka dokumen PDF yang tersimpan di memori File Manager N900. Seperti dibawah ini.
Selanjutnya adalah menu "Details" yang fungsinya untuk menampilkan informasi dari dokumen PDF tersebut. Contohnya ada pada gambar berikut ini.
Berikutnya ada menu "Save as" yang fungsinya untuk menyimpan pengaturan yang sudah anda lakukan pada dokumen PDF tersebut. Sedangkan untuk menu "Continuous view" berguna anda ingin melanjutkan untuk melihat dokumen.

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga bisa berguna bagi para pembaca setia Nokia N900 Indonesia
Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/aplikasi-pdf-reader-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment