Friday, December 28, 2012

Aplikasi Contacts di Nokia N900

Seperti yang kemarin, kali ini saya masih membahas fungsi dari aplikasi bawaan di Nokia N900. Kemarin saya sudah membahas fungsi dari aplikasi Photo, sekarang saya akan membahas fungsi dari fitur-fitur yang ada di aplikasi Contacts. Para pembaca yang budiman pasti sudah tahu kalau aplikasi Contacts pasti berhubungan dengan nomor telepon, seperti yang tertampil disamping. Disini semua kontak atau nomor telepon dari teman, saudara, atau pun keluarga yang sudah anda simpan,  semua akan tertampil disini.
Anda pun bisa melakukan beberapa pengaturan untuk sebuah nomor yang telah anda simpan di N900. Beberapa pengaturan yang disediakan cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Seperti dibawah ini.
Tanpa saya jelaskan, pastinya anda sudah tahu fungsi dari masing-masing fitur diatas. Seperti Edit, digunakan untuk mengedit kontak. Send contact card beguna untuk mengirim kontak ke ponsel lain dalam bentuk kartu kontak. Send contact detail untuk mengirim kontak secara detail, yaitu tidak cuma nomor telepon saja, akan tetapi juga beberapa informasi yang ada pada kontak tersebut. Jika anda ingin menggabungkan 2 kontak atau lebih, anda bisa memilih menu Merge contact. Delete contact pastinya untuk menghapus kontak. Sedangkan yang terakhir adalah Create shortcut yang difungsikan untuk membuat shortcut di desktop.
Sedangkan untuk keseluruhan, anda akan dibekali dengan fitur-fitur berikut ini,
Didalam kontak N900, anda pun bisa merubah tampilan susunan kontak. Ada 3 pilihan yang bisa anda pakai, yaitu ABC, Availability, dan Recent. ABC untuk membuat susunan kontak sesuai abjad, sedangkan Availability untuk menampilkan semua kontak yang ada di N900, baik yang tersimpan di memori telepon maupun memori kartu sim. Tapi untuk Recent agak sedikit berbeda dari keduanya, karena akan menampilkan nomor telepon sesuai daftar log yang masuk, yaitu meliputi panggilan masuk, panggilan keluar, missed call, dan SMS. Seperti yang tertampil dibawah ini.
Oke, sekaranag akan saya menjelaskan fungsi dari fitur-fitur diatas. Agar lebih jelasnya, saya akan menjelaskannya satu per satu secara detail.
  • New contact : Digunakan untuk membuat atau menyimpan kontak baru.
    Diatas adalah beberapa informasi kontak secara default. Namun anda bisa menambahkannya sebanyak yang anda butuhkan. Informasi kontak yang bisa anda tambahkan seperti nomor Telepon, Fax, E-mail, Facebook, Google Talk, Jabber, Ovi by Nokia, SIP, Skype, Birthday, Peta Lokasi Web Page, Gender, Nickname, Job Title, Company, dan Note.
  • Delete contacts : Digunakan untuk menghapus kontak, satu per satu atau pun beberapa sekaligus.
  • Get contacts : Berguna untuk mendapatkan kontak dengan beberapa cara, seperti sinkronisai dengan perangkat lain, impor kontak dari akun jejaring sosial, meng-copy dari kartu SIM, dan mengimpor kontak yang berupa contact card dari File Manager
  • Export : Difungsikan untuk membuat contact card yang nantinya bisa di bagikan ke ponsel lain, tanpa harus menyalinnya secara manual. Sehingga akan memudahkan pekerjaan anda.
  • My information : Berguna untuk membuat kontak kita sendiri. Karena ada kalanya kita lupa informasi kontak kita sendiri, jadi dengan adanya fitur ini, bisa membantu untuk mengingatkan anda, dan untuk berjaga-jaga jika anda lupa.
  • Groups : Untuk membuat grup kontak. Jadi akan memudahkan anda untuk mencari kontak teman-teman anda, karena sudah dikelompokkan.
  • Settings : Yang terakkhir adalah fitur Settings atau pengaturan. Sebelum saya jelaskan, anda bisa lihat dulu gambarannya.
    Pada Display names, anda bisa menggantinya sesuai selera anda. Ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan, yaitu nama depan dilanjut nama belakang, nama belakang baru nama depan, nama depan dan nama belakang disatukan, dan terakhir nama pendek saja. Seperti dibawah ini.
    Untuk Voicemail number digunakan untuk melakukan voicemail kenomor tertentu yang sudah di atur sebelumnya.

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu para pembaca.
    terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

    Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
    http://www.kukuh7.com/2012/12/aplikasi-contacts-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment