Monday, December 31, 2012

Fitur Kamera di Nokia N900

Tak terasa, kita sudah ada di penghujung tahun 2012. Karena hari ini adalah hari terakhir di tahun 2012, jadi saya akan membahas sesuatu yang istimewa untuk para User Nokia N900. Ya, kali ini saya akan membahas mengenai fitur kamera N900. Memang jika dibandingkan dengan Smartphone jaman sekarang, kamera dari N900 sudah ketinggalan. Terlebih lagi sekarang sudah ada ponsel dengan Pixel paling besar, yaitu 41 Megapixel yang dimilik oleh Nokia 808 Pureview. Akan tetapi, meski N900 hanya di bekali kamera berkekuatan 5 Megapixel, namun fitur yang disematkan di N900 bisa dibilang lumayan lengkap untuk kamera bertenaga 5MP. Seperti apa fitur-fitur yang ditawarkan, mari kita bahas satu per satu.
Tampilan utama dari aplikasi kamera N900 cukup sederhana, namun bisa memenuhi apa yang anda butuhkan. Lihat saja dibawah ini.
Jika anda menyentuh pada bagian layar yang hitam, maka akan muncul beberapa tombol penting di bagian atas seperti dibawah ini.
Sesuai gambar diatas, anda akan menemukan 13 tombol penting yang akan membantu anda dalam mengoperasikan kamera di Nokia N900. Tidak hanya tombol virtual saja, anda pun juga dibekal 3 tombol fisik yang tidak kalah pentingnya, yaitu tombol Shutter yang ada disebelah kanan tombol Power dan tombol volume sekaligus bisa difungsikan untuk melakukan Zoom In atau pun Zoom Out yang letaknya ada di sebelah kiri tombol Power. Sekarang saya akan menjelaskan satu demi satu fitur-fitur diatas.
  1. Pertama adalah tombol berlogo jam, yang fungsinya untuk melakukan shutter otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan. Anda bisa memilih beberapa varian waktu, yaitu 3, 6, 10, 15, dan 20 detik.
  2. Kedua adalah tombol berlogo kotak berwarna putih. tombol ini berguna untuk melakukan shutter tanpa autofokus. Jika anda ingin menggunakan autofokus, sebaiknya menggunakan tombol shutter fisik. Sedikit informasi, jika menggunakan autofokus, anda wajib melihat gambar berikut.
    Autofkus berhasil

    Autofokus gagal
  3. Ketiga adalah tombol berlogo lingkaran warna-warni, yang berguna untuk mengubah warna gambar. Ada 6 warna yang bisa anda gunakan, yaitu Normal, Negative, Colorswap, Sepia, Grayscale, dan Solarize.
  4. Tombol nomor empat berguna untuk menampilkan General Settings. Disitu anda bisa mengatur memori penyimpanan yang akan digunakan, nama dari foto yang berhasil diambil, dan pengaturan untuk menampilkan foto yang telah dimabil dengan durasi yang bisa anda tentukan.
  5. Selanjutnya adalah tombol nomor lima yang bisa digunakan untuk mengatur resolusi yang akan anda gunakan.Mulai dari 1,3 MP, 3 MP, 3,5 MP sampai 5 MP.
  6. Berikutnya adalah tombol nomor enam yang berguna untuk mengatur pencahayaan (White Balance) sesuai cuaca pada saat itu. Contohnya seperti Automatic, Sunny, Cloudy, Tungsten, dan Flourescent.
  7. Pada tombol ketujuh ini, berguna untuk mengatur Sensitifitas ISO pada saat pengambilan gambar. Ada 6 pilihan, yaitu Automatic, 100, 200, 400, 800 dan 1600.
  8. Sedangkan fungsi dari tombol ke delapan berguna untuk menyertakan tempat pengambilan gambar dengan fitur Geotagging yang menggunakan GPS.
  9. Untuk tombol yang ke sembilan, berguna untuk mengubah mode kamera, anda bisa mengubah dari kamera ke video maupun sebaliknya. Tidak hanya itu saja, anda bisa ke mode yang lainnya. Untuk mode kamera yaitu Automatic, Night, Macro, Landscape, Portrait, dan Action. Dan untuk mode video ada 2 pilihan, yaitu Automatic Video dan Night Video.
  10. Berikutnya adalah tombol ke sepuluh, yang digunakan mengatur lampu flash. Anda bisa mengaturnya ke Automatic, Red eye reduction, Always on, dan Always off.
  11. Tombol ke sebelas adalah tombol Settings. Fungsinya untuk menampilkan pengaturan yang pada saat itu. Seperti White balance, Exposure, ISO sensitifity, dan Reslosution.
  12. Selanjutnya adalah tombol ke dua belas yang berguna sebagai tombol pintas untuk menuju ke aplikasi Photo. Jadi anda tidak perlu keluar dari aplikasi kamera.
  13. Yang terakhir adalah tombol General Settings. Disini anda bisa melakukan pengaturan dengan mencentang kolom yang ada.
Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa membantu dan berguna bagi para pembaca.
Terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2012/12/fitur-kamera-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment