Sunday, December 30, 2012

Keunggulan Aplikasi Maps di Nokia N900

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang keunggulan aplikasi Maps yang ada di Nokia N900. Memang secara sekilas Maps yang ada di Nokia N900 hampir sama dengan aplikasi Maps yang ada di smartphone Nokia kebanyakan. Namun ada perbedaan dari aplikasi Maps yang lainnya. Apa perbedaannya ? Mari kita bahas bersama.
Sebelum kita membahas yang lebih spesifik, anda pasti tahu kegunaan Maps untuk apa ? Ya, aplikasi Maps secara garis besar difungsikan untuk menunjukkan peta dunia. Sehingga akan memudahkan anda untuk mencari sebuah tempat yang belum anda kunjungi. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi Maps tidak hanya disitu saja, sekarang Maps bisa digunakan untuk pemandu rute. Dengan pemandu rute, anda bisa menuju ke sebuah lokasi dengan lebih cepat sehingga akan menghemat waktu anda. Akan tetapi fitur-fitur tersebut tidak akan bekerja tanpa adanya GPS (Global Positioning System).
Mungkin jika anda pengguna smartphone Symbian dari Nokia anda tidak akan kebingungan untuk mengoperasikannya, karena tampilannya pun hampir sama. Namun agak berbeda sedikit, lihat saja Screenshot berikut agar anda bisa membedakannya sendiri.
Nah, ini yang cukup menarik. Anda bisa mengubah tampilan dari peta sesuai keinginan anda. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa meng-klik tombol pilihan yang ada di bar atas. Tampilannya akan nampak seperti berikut ini.
Di bagian ini, ada pilihan Map view, Satellite, dan Terrain. Sedangkan disampingnya ada pilihan 3D View, 3D Landmarks, dan Night Mode. Jika kita memilih Map view, tampilannya akan tampak tampilan setandar yaitu cuma terlihat letak lokasi nama kota dan tempat-tempat umum. Namun agar anda tidak bosan, anda bisa melakukan customisasi dengan mencentang beberapa pilihan yang ada di bilah samping yaitu 3D View, 3D Landmarks, dan Night Mode.
Sedangkan untuk tampilan Satellite, tampilannya akan tampak nyata, yaitu sama persis dengan tampilan yang sesungguhnya. Tapi disini anda tidak bisa melakukan customisasi seperti tampilan Maps view.
Dan yang terakhir adalah tampilan Terrain. Memang tampilannya hampir sama dengan Maps view, akan tetapi alur dari dataran akan terlihat, sehingga akan tampak tinggi rendahnya suatu dataran atau pun lautan. Disini anda bisa melakukan customisasi, tapi anda tidak bisa mengubahnya ke Night Mode.
Dibawah ada menu "Tips", yang berfungsi untuk menampilkan panduan dalam menggunakan Maps yang ada di Nokia N900. Jadi anda akan lebih mudah untuk mengoperasikannya dengan lebih mudah. Sedangkan di sampingnya ada menu "More". Jika anda klik, akan nampak seperti dibawah ini.
Di halaman ini, pada sebelah kiri ada pilihan "Metric units" dan "Imperial units". Sedangkan disebelah kanan ada pilihan tampilan waktu, yaitu "12 hour" dan "24 hour". Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan anda. Di bagian atas ada 2 tombol virtual, yaitu "Back" dan "About Maps". Tombol Back digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya, sedangkan About Maps berfungsi utnuk menampilkan infomasi dari aplikasi Maps yang digunakan. Seperti yang tertampil dibawah ini.
Sekarang kita kembali ke tampilan utama. Anda bisa lihat di bar bawah, ada 3 menu, yaitu Search, Get Directions dan Clear map. Search berfungsi jika anda ingin mencari sebuah lokasi dengan cepat tanpa harus meng-scroll.
Selanjutnya adalah Get Directions yang berguna melakukan pengaturan pada fitur Rute. Selengkapnya anda bisa melihat dibawah ini.
Disitu ada 2 kolom, yaitu A dan B. Pada kolom A, berguna untuk menampilkan posisi sekarang anda berada. Sedangkan kolom B berfungsi untuk mencari sebuah tujuan yang ingin anda cari. Dibawah ada 2 menu syang bergambar orang berjalan dan gambar mobil. Jika anda akan menekan tombol dengan gambar orang berjalan, anda akan dibawa ke halaman baru seperti yang tertampil dibawah ini.
Yang dimaksud dengan gambar orang berjalan, yaitu jika anda akan melakukan rute dengan jalan kaki. Sedangkan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan, anda bisa menekan tombol yang bergambar mobil. Tampilannya akan tampak seperti berikut ini.
Di bilah atas ada 3 pilihan, Fastest, Shortest, dan Optimized. Fastest berguna untuk menunjukkan rute tercepat yang bisa menghemat waktu anda. Sedangkan untuk Shortest berguna untuk menunjukkan rute terpendek yang bisa anda tempuh. Terakhir adalah Optimized yang berguna untuk menunjukkan rute terbaik yang bisa anda tempuh, dengan memperhitungkan resiko yang akan anda temui. Pada bilah bawah, ada 6 pilihan. Anda bisa memilih salah satu sesuai kendaraan yang sedang anda gunakan.
Sekarang kita kembali lagi ke halaman utama dari aplikasi Maps. Ada 2 tombo yang pasti sudah anda kenal, jika anda pernah menggunakan Maps. Tombol tersebuat adalah tombol Zoom dan tombol Fullscreen. yang pastinya anda asudah tahu fungsi masing-masing dari tombol tersebut.
Sekian dulu yang bisa saya bagikan kepada para pembaca, semoga bisa membantu agar anda bisa lebih memahami Nokia N900.

Terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2012/12/keunggulan-aplikasi-maps-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment