Tuesday, January 1, 2013

Fitur E-Mail di Nokia N900

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat tahun baru 2013, semoga di tahun ini bisa lebih baik dari tahun yang kemarin. Untuk mengawali  tahun ini, saya akan berbagi sebuah artikel yang isinya membahas tentang fitur e-mail yang ada di Nokia N900.
E-mail merupakan surat elektronik yang ada di dunia maya. Fungsinya sama seperti surat biasa, yaitu menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Karena teknologi yang ada di dunia ini sudah maju, maka surat biasa sudah jarang kita temukan, sebab dengan e-mail kita bisa berkirim pesan bisa lebih cepat dari surat biasa. Tak perlu hitungan hari, cukup hitungan menit saja, surat elektronik sudah kita terima.
Sekarang, seiring perkembangan jaman, surat elektronik tidak hanya bisa digunakan di komputer atau laptop saja, tapi kita sudah bisa menikmatinya di ponsel, terlebih smartphone. Begitu juga dengan Nokia N900, juga sama-sama dibekal dengan fitur e-mail.
Ketika anda menyentuh ikon e-mail yang ada di menu, anda akan melihat tampilan seperti berikut jika anda belum pernah membuka aplikasi teresbut sebelumnya.
Jika anda akan melakukan "Setup", klik "Next" saja. Maka akan muncul halaman berikut ini.
Ponsel akan melakukan sambungan ke server Nokia untuk melakukan pengecekan ketersediaan layanan. Jika proses sudah selesai, maka akan lanjut ke halaman berikutnya. Seperti dibawah ini.
Seperti diatas, disini anda bisa mengganti Region sesuai tempat anda saat ini. Selanjutnya anda mengganti Service provider sesuai e-mail yang anda gunakan. Contohnya seperti Gmail, Hotmail, Ovimail, Yahoo!, Lycos mail, Mail for Exchange, Nokia Messaging, dan masih banyak lagi. Jika sudah, klik "Next", maka anda akan dibawa ke halaman selanjutnya.
Pada halaman diatas, anda diwajibkan untuk mengisi Name, Username, dan Password. Untuk Username harus sesuai dengan nama e-mail yang ingin anda gunakan di ponsel. Jika semua kolom sudah terisi semua, selanjutnya klik "Next" dan anda akan dibawa ke halaman terakhir pada pengaturan e-mail.
Untuk menyelesaikan proses "Setup", klik "Finish". Anda akan dibawa ke halaman baru, dimana e-mail yang sudah anda daftarkan tadi akan tertampil disitu. Seperti gambar dibawah ini.
Di bar paling atas ada tombol untuk melakukan pengaturan, yaitu New account, Edit accounts, Settings, Send & receive, dan SMTP servers.
New account berguna untuk membuat akun baru, Edit accounts berguna untuk mengedit akun yang sudah ada. Settings berguna untuk melakukan pengaturan yang bersangkutan dengan aplikasi e-mail. Seperti dibawah ini.
Beberapa pengaturan yang bisa anda edit, yaitu Default account, New message format, Incoming notifications, Automatically add to contacts, Tree view mode, Update automatically, Update when connected via, dan Update interval.
Sesuai gambar diatas, anda memilih jaringan yang akan anda gunakan untuk melakukan sinkronisasi. Sekarang kita kembali lagi ke halaman utama. Ketika anda mengklik e-mail yang sudah di "Setup", maka akan tampil halaman berikut ini.
Jika anda akan mengirim pesan, anda bisa mengklik tombol "New message" untuk memulai menulis pesan. Seperti berikut ini.
Sedangkan untuk melihat pesan masuk, anda bisa memilih inbox untuk memulai membaca pesan-pesan yang masuk. Seperti yang tertampil dibawah ini.
Sekarang, sudah pahamkah anda mengenai aplikasi e-mail yang ada di Nokia N900 ? Jika belum paham, saya anjurkan untuk meninggalkan komentar dibawah.

Sekian dulu yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu dan berguna untuk para pembaca.
terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/fitur-e-mail-di-nokia-n900.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment