Monday, January 14, 2013

Fitur Application Manager (AM) di Nokia N900

Pada artikel kali ini saya akan membahas aplikasi yang sangat penting buat N900 anda. Aplikasi ini adalah "Application Manager". Kenapa aplikasi ini sangat penting untuk N900 anda ? Karena aplikasi ini fungsinya seperti Nokia Store, Play Store, Apple Store, dll. Namun disini ada yang sedikit berbeda, yaitu jika anda ingin menambahkan daftar aplikasi yang belum ada di AM, anda harus menambahkan katalog. Untuk selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini.
Untuk tampilan awal dari AM, akan nampak seperti di bawah ini. Terdapat 3 pilihan, yaitu Uninstall, Download, dan Update.
Uninstall : berguna untuk meng-uninstall atau mencopot pemasang aplikasi dari N900.
Download : berguna untuk mengambil aplikasi yang anda butuhkan. Jadi semua apa yang anda butuhkan akan tersedia disini.  Jika masih kurang, anda bisa menambahkan katalog dari aplikasi yang ingin anda download.
Update : berguna untuk melakukan pembaruan aplikasi, jadi ketika anda melakukan refresh, semua aplikasi yang sudah tersedia versi baru nya akan muncul di halaman ini.

Sekarang kita lanjut ke tombol pintas yang ada di bagian atas, contohnya seperti dibawah ini.
Sesuai gambar diatas, ada 3 tombol, yaitu Application catalogues, Log dan Restore applications.
Application catalogues : fitur berguna untuk menampilkan katalog yang terinstal di N900 anda. Tidak hanya itu saja, anda bisa menambahkan katalog secara manual, atau pun mengedit katalog yang sudah ada. Anda juga bisa menonaktifkan katalog yang tidak digunakan.

Selanjutnya adalah menu "Log", yang fungsinya untuk menampilkan daftar log aplikasi yang sudah terinstal terakhir kalinya.
Sedangkan untuk "Restore application", digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang terakhir kali di backup. Jadi ketika N900 anda di reset, maka anda tidak perlu mengingat, atau pun mencatat aplikasi yang sudah terinstal. Tinggal lakukan proses restore, maka semua aplikasi bisa muncul kembali.

Berikutnya kita bberalih ke fitur download, ketika anda membukanya akan tampak seperti berikut ini.
Disini, semua aplikasi sudah di kelompokkan sesuai fungsinya, seperti Network, Desktop, Development, Education, Games, Graphic, Location & navigation, Multimedia, Office, Science, System, Utilities, dan Other. Dibawah ini contoh salah satu kategori dari aplikasi yang saya buka.
Sekarang kita beralih ke fungsi dari fitur "Uninstall". Di atas sudah saya jelaskan fungsi dari fitur tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

Diatas merupakan contoh dari salah satu aplikasi yang saya coba untuk Uninstall. Di halaman ini terdapat beebrap informasi penting yang berhunbungan dengan aplikasi yang akan di Uninstall. Dengan infomasi tersebut, anda bisa mengatasi masalah yang muncul seperti aplikasi yang tidak bisa di Uninstall.

Yang terakhir adalah fitur "Update". Fungsinya pun sudah saya jelaskan diatas, yaitu semua aplikasi yang sudah tersedia versi terbarunya, maka akan muncul di halaman ini. Kebetulan, ketika saya mengambil screenshot, semua aplikasi di N900 sudah ter-update semua.

sekian dulu yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa membantu para pembaca yang budiman
terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/fitur-appication-manager-am-di-nokia.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment