Thursday, January 10, 2013

Fungsi Aplikasi Settings di Nokia N900 (Part 4)

Masih melanjutkan artikel yang kemarin, kali ini saya akan membahas fitur aplikasi "Settings" di bagian "Connectivity". Semua fitur yang ada di bagian ini akan berhubungan dengan konektivitas pada Nokia N900 anda. Mulai dari koneksi internet, bluetooth, sinkronisasi data, dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah beberapa fitur di bagian "Connectivity" yang bisa anda gunakan dan kustomisasi.
Sesuai dengan gambar diatas, ada 10 item yang adan di N900 kebanyakan, yaitu :
  1. Transfer & sync
  2. Bluetooth
  3. Sharing accounts
  4. Internet connections
  5. FM transmitter
  6. Mail for Echange
  7. Location
  8. VoIP an IM accounts
  9. Phone
  10. Certificate manager
Pada artikel kali ini, saya akan membahas nomor 1 sampai nomor 5 dulu, dan sisanya akan saya bahas esok hari.

B. Connectivity
  1. Transfer & sync : fitur ini memilik fungsi untuk melakukan sinkronisasi dan pentransferan data ke media lain, yaitu sesama ponsel, PC atau laptop. Jika anda akan melakukan sinkronisasi dengan PC, maka anda akan disarankan untuk  menggunakan aplikasi Nokia Suite. Namun jika anda melakukan transfer data ke ponsel lain, anda bisa mengunakan media Bluetooth.


    Sebelum anda melakukan transfer data melalui Bluetooth, anda di haruskan untuk menyambungkan koneksi Bluetooth di kedua perangkat tersebut.
  2. Bluetooth : Hampir semua ponsel yang ada di dunia saat ini sudah menggunakan fitur ini, karena dirasa sangat mudah dan tidak ribet seperti Infrared. Disini anda hanya perlu melakukan penyambungan bluetooth dari kedua perangkat yang akan bertukar data, setelah tersambung anda pun bisa mengirim poto, video, file suara, dokumen dan file yang lain yang mendukung.
    Disini ada 2 buah fungsi, yaitu "Bluetooth on" yang digunakan untuk menyalakan "Bluetooth" dan "Visible" yang fungsinya agar "bluetooth" kita terdeteksi oleh perangkat lain, jika fungsi ini tidak di aktifkan maka "bluetooth" N900 kita tidak akan terlihat di perangkat lain alias tersembunyi.
    Di gambar yang kedua ini, ada daftar perangkat yang sudah pernah tersambung. Jadi semua perangkat yang pernah tersambung ke N900 anda akan tersimpan di sini. Sehingga anda tidak perlu melakukan pencarian perangkat lagi.
  3. Sharing accounts : Fitur ini memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan terhadap akun untuk berbagi semacam Facebook dan sebagainya. Disini anda bisa membuat akun baru maupun memverfikasinya.
  4. Internet connections : Untuk fitur yang satu ini, memiliki fungsi yang sangat penting bagi N900 anda. Pasalnya fitur inilah yang mengatur semua koneksi internet di N900 anda. Mulai dari jaringan yang digunakan, pengaturan DNS, pengaturan IP Address, WLAN, pemindaian jaringan, dan lain-lain.
    Seperti gambar diatas ada fitur "Connect automatically", yaitu mengatur koneksi yang akan digunakan ketika N900 anda tersambung ke internet. Pada baigan ini, disediakan 4 pilihan seperti dibawah ini,
    Selanjutnya ada fitur "Search interval" yang fungsinya untuk mengatur waktu pencarian koneksi internet. Disini ada 5 pilihan yang bisa anda pilih, sesuai gambar di bawah ini.
    Sekarang anda lihat gambar yang pertama tadi, disana ada tombol "Connections". Jika anda menekannya, maka anda akan dibawa ke halaman baru. Di halaman tersebut semua koneksi internet yang pernah anda gunakan akan tersimpan disitu. Seperti contoh dibawah ini.
    Sekarang anda lihat gambar di atas ini, di bagian kanan ada 3 pilihan, yaitu New, Edit, dan Done. Tombol "New" memilki fungsi untuk membuat pengaturan koneksi baru, sedangkan untuk tombol "Edit" berguna untuk mengedit koneksi yang sudah ada. Contohnya seperti berikut ini,


    Pada halaman ini ada sebuah tombol yang fungsinya tidak kalah penting, yaitu tombol "Advanced" yang berguna untuk melakukan pengaturan "Proxy" dan "IP Address" yang meliputi pengaturan nomor DNS.
  5. FM transmitter : mungkin kebanyakan orang belum mengetahui fungsi fitur yang satu ini. Fitur ini berguna untuk mentransfer suara yang dihasilkan oleh N900 anda menjadi gelombang radio yang frekuensinya bisa anda tentukan sendiri.  Jadi anda bisa mendengarkan suara yang di hasilkan oleh N900 melalui radio, atau pun perangkat lain yang memliki fitur radio.

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, untuk fitur yang lain akan saya lanjutkan di artikel beriutnya.
terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/fungsi-aplikasi-settings-di-nokia-n900_10.html

Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment