Wednesday, January 9, 2013

Fungsi Aplikasi Settings di Nokia N900 (Part 3)

Sesuai janji saya, pada artikel kali ini masih melanjutkan artikel yang kemarin yaitu masih membahas fitur-fitur yang di tawarkan aplikasi "Settings" di Nokia N900. Kali ini saya akan menyelesaikan pembahasan saya di bagian "Personalisation". Pada artikel Part 1 dan Part 2, saya sudah membahas beberapa fitur seperti Themes, Date and time, Display, Text input, LED Patterns, Profiles, Language & region, dan Notification light. Sekarang saya akan membahas fitur CSSU Tuner, Operator Name Widget, dan Themes Customizer.
9. CSSU Tuner : fitur ini berguna untuk mengatur fungsi dari CSSU. CSSU merupakan aplikasi yang difungsikan untuk mengubah tampilan portait menjadi landscape. Sehingga N900 anda bisa menjadi portait tidak hanya saat panggilan masuk, namun juga bisa di menu-menu yang lainnya. Sedangkan CSSU Tuner difungsikan untuk mengatur CSSU tersebut jika anda masih kurang suka dengan pengaturan CSSU secara default. Biar anda tidak bingung, anda bisa melihat dulu penampilannya berikut ini.


Sesuai pengaturan di atas, anda bisa menganti Default style Task Switcher menjadi "Single column task switcher" atau "Double column task swicther". Anda juga bisa melakukan pengaturan lainnya, seperti   :

  • Transitions lenght : berguna untuk mengatur waktu transisi.
  • App menu blur : untuk mengatur tingkat blur pada background ketika anda masuk di menu aplikasi.
  • App menu scroll speed : berfungsi untuk mengatur kecepatan dalam melakukan scroll.
  • Paralax : untuk mengatur tingkat paralax.
  • Status menu rows : untuk mengatur lebar status baris menu ketika posisi landscape.
  • Status menu rows (portrait) : untuk mengatur lebar status baris menu ketika posisi portrait.
  • Always show FM-applet : untuk selalu menampilkan applet FM.
  • App menu editing Enabled : untuk mengatifkan aplikasi pengedit menu.
  • Blurless saturation Enabled : untuk mengaktifkan saturasi pengaburan.
  • Homescreen editing Enabled : untuk mengaktifkan pengeditan homescreen.
  • Force rotation Enabled : untuk mengaktifkan rotasi paksa.
  • Rotate around z-axis Enabled : untuk mengaktifkan rotasi di sekitar z-axis.
  • Zoom on press Enabled : untuk megaktifkan zoom dalam penekanan.
10. Operator Name Widget : berguna untuk melakukan pengaturan pada nama widget operator. Seperti ini tampilan pengaturannya.
Disini anda bisa melakukan beberapa kustomisasi. Jika anda ingin mengganti nama dari widget operator, anda bisa mengaktifkan "Custom Operator Enabled" dan mengisi kolom yang kosong dengan nama sesuka anda. Contohnya seperti dibawah ini. Lihat di bagian atas, akan ada tulisan Nokia N900 Indonesia.
11. Theme Customizer : berguna untuk melakukan pengaturan yang bersangkutan dengan tema, seperti font, transisi, tipe ikon, latar belakang, dan lain sebagainya. Biar saya mudah untuk menjelaskan, lihat dulu gambar dibawah ini.
Di menu paling atas ada fitur "Theme" yang berguna untuk mengubah tema pada N900 sesuai tema yang ada di ponsel.
Dibarisan kedua ada pilihan "Use theme's wallpapers" yang difungsikan untuk mengatur wallpaper, yaitu jika anda mengganti tema, maka wallpaper nya akan mengikuti tema. Jika anda memilih "Keep my current wallpapers" maka wallpaper sekarang ini yang anda gunakan akan tetap seperti itu meski anda mengubah tema sekalipun.
Berikutnya adalah "Font" yang digunakan untuk mengubah font.
Sedangkan "Font size" untuk mengatur ukuran yang anda pilih tadi.
Di barisan ke empat adalah "Font colors" yang digunakan untuk mengubah warna dari font yang anda gunakan. Ada empat bagian yang bisa anda kustomisasi, yaitu Primary font, Secondary font, Active font, dan Disabled font.
Agar fitur dibawahnya kelihatan, mari kita scroll kebawah lagi, sehingga tampak seperti berikut ini.
Sesuai dengan gambar diatas, dibagian paling atas adalah "Icon theme" yang fungsinya untuk mengubah ikon tampilan pada menu. Disini anda bisa melakukan kustomisasi untuk mengubah font, jika ikon yang telah disediakan belum sesuai menurut anda, maka anda bisa men-download ikon melalui AM (Appliaction Manager).
Dibawah nya ada menu "Homescreen". Dengan menu ini anda bisa melakukan kustomisasi, seperti mangaktifkan jendela transisi cepat. Selanjutnya ada "Tune transitions" yang digunakan untuk mengatur nada ketika terjadi transisi. Berikutnya adalah "Show app shortcut backgrounds" yang fungsinya untuk menampilkan aplikasi pintas dari latar belakang.
Sekarang kita geser lagi ke bawah sehingga akan tampak seperti berikut ini.
Di bagian paling atas ada "App shortcut size" yang digunakan utnuk mengatur ukuran aplikasi pintas. "Web bookmark size" untuk mengatur ukuran Web Bookmark. "Snap-to-grid size" untuk mengatur grid. Berikutnya ada "Widget opacity" yang digunakan untuk mengatur tingkat kegelapan widget, dan "menu bar opacity" yang fungsinya untuk mengatur tingkat kegelapan bar menu.
Dibagian paling bawah ada pilihan "Auto-reboot after saving settings", maksudnya yaitu melakukan reboot setalah selesasi melakukan pengaturan, sehingga apa yang sudah anda atur bisa tersaji dengan segar. Jika anda sudah selesai, anda bisa menekan "Apply change", jika dianggap apa yang anda atur sudah cukup.
Sekarang kita berpindah ke menu dibagian atas, yang ada tulisannya "Theme Customizer". Jika anda tekan maka akan tampak seperti berikut ini.
Untuk mempersingkat kata, saya akan menjelaskan fungsi-fungsi diatas secara singkat, namun jelas.

  • Change backgrounds : untuk mengubah latar belakang.
  • Restore theme files : untuk mengembalikan file tema.
  • Delete saved themes : untuk menghapus tema yang tersimpan.
  • Import theme : untuk mengimpor tema.
  • Import fonts from folder : untuk mengimpor font dari folder yang ada di file manager.
  • Save as new theme : untuk menyimpan tema baru.
  • Export theme : untuk mengekspor tema.
  • About : untuk menunjukkan informasi dari  Theme Customizer, yaitu berupa versi, developer, dan lain sebagainya.
Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, nantikan kelanjutan dari pembahasan aplikasi "Settings".
terima kasih telah berkunjung di Kukuh7.com

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikannya dengan menyertakan link URL berikut :
http://www.kukuh7.com/2013/01/fungsi-aplikasi-settings-di-nokia-n900_9.html


Kukuh7

Author & Editor

Lahir Pada Tanggal 20 May 1999 in Taluk Kuantan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment